Clean and Green: “Aksi FTP untuk Lingkungan”

bersih-bersihkampus

Dari beberapa rangkaian acara HUT 31 dan BK 21, kegiatan Clean and Green adalah salah satu kegiatan yang telah di selenggarakan yakni pada hari Selasa, 30 Juli dan Sabtu, 5 September 2015 yang di ikuti oleh seluruh Civitas Akademika Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Clean ini merupakan bagian Acara dari Divisi Clean and Green dimana dibagi menjadi dua kegiatan yakni kegiatan Clean dan kegiatan Green. Pada Kegiatan “Clean”  dilaksanakan kegiatan berupa bersih-bersih kampus yang dilaksanakan di areal gedung GA dan gedug JA Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana. Kemudian untuk kegiatan “Green” dilaksanakan penghijauan di luar kampus yakni dengan melaksanakan penanaman bibit bakau (mangrove) di Agrowisata Kampung Kepiting Tuban.

Pada kegiatan Clean kampus, seluruh civitas akademika melaksanakan kegiatan bersih-bersih yang terlebih dahulu dilakukan di depan parkir gedung GA, kemudian lapangan gedug GA, dilanjutkan ke taman belakang gedung GA dan terakir dilakukan pembersihan di areal lingkungan gedung JA.

nanem-mangrove

Menurut Abi Yuda, mahasiswa jurusan Teknik Pertanian angkatan 2014, kegiatan Clean sudah berjalan dengan baik, namun ia menyarankan agar adanya penambahan sarana tempat sampah di areal gedung GA agar areal kampus yang sudah bersih tidak di kotori oleh sampah yang berserakan lagi. Tentunya ini akan menjadi catatan panitia.

Setelah kegiatan “Clean” selesai kemudian selang waktu 2 bulan dilanjutkan kembali dengan kegiatan “Green”. Kegiatan Green dengan penanaman pohon mangrove ini diadakan pada tanggal 5 September 2015, yang diselenggarakan di Agrowisata Kampung Kepiting Tuban, Tuban. Dengan didampingi oleh Bapak Andi pihak kampung kepiting, kegiatan pertama kami adalah melakukan pembibitan hingga siap tanam di alam terbuka. Dengan melaksanakan penjelajahan hutan untuk mencari bibit-bibit mangrove, panitia bersama pengelola berhasil mengumpulkan 500 bibit pada minggu pertama dan 400 bibit pada minggu kedua. Sehingga total pohon yang siap tanam adalah 900 bibit. Kegiatan ini di dukung penuh dari pihak persatuan nelayan wanasari, dibuktikan dengan dimudahkannya panitia dalam melaksanakan kegiatan ini. Selain itu, secara internal kegiatan ini sukses dikarenakan oleh saling bahu-membahu antar keluarga besar Fakultas Teknologi Pertanian baik memberikan bantuan secara materiil ataupun terjun langsung kelapangan. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka dengan penanaman mangrove pertama oleh Bapak Dekan Fakultas Teknologi Pertanian dengan di dampingi Ketua  umum  HUT 31 dan BK 21 dan Ketua Panitia HUT 31 dan BK 21 beserta Ketua Devisi clean and Green, serta diikuti oleh seluruh peserta dari mahasiswa maupun dosen untuk melaksanakan penanamanan serentak.

penanaman-dekan

Setelah proses penanaman pohon selesai, panitia menyerahkan kenang-kenangan berupa plakat kepada pihak pengelola agrowisata kampung kepiting sebagai ucapan terimakasih. Penyerahan ini dilakukan oleh Ketua HUT31 dan BK21 Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana diiringi dengan tepuk tangan yang meriah dari peserta penanaman mangrove.

Salah satu peserta bernama Amira Putri dari jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan angkatan 2015 menyatakan bahwa kegiatan menanam mangrove ini seru,  “Iya seru sih kak, walaupun becek-becekan tapi bisa saling kenal sama temen-temen yang lain, bisa menambah kekompakan juga. Apalagi pas lewat becek-becekannya itu kan susah kak, mesti kompak”. Hal senada dikatakan oleh Ida Ayu Padmawati dari jurusan dan angkatan yang sama, “aku sih suka kak, ya pas bareng temen-temen, rame-rame sekalian main lumpur. Bermanfaat juga untuk lingkungan, berkesan kak tapi memang ga semua suka. Mungkin karena ngaret waktu nanemnya siang jadi panes kak” jawabnya polos.

penyerahan-plakat

Menurut Dwi Agastya selaku Ketua Divisi Clean and Green, kegiatan yang bertemakan “bersihkan lingkungan, selamatkan alam kita”  ini adalah kegiatan yang dilaksanakan dikarenakan kurangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan oleh generasi sekarang, sehingga melalui kegiatan ini ia berharap dapat menumbuhkan rasa peduli masing-masing individu, baik nanti untuk menjaga lingkungan dalam cangkup luas maupun lingkup kampus. Dwi mewakili Divisi Clean and Green dan seluruh Panitia HUT31 BK21 mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu, serta mensukseskan acara Clean and green, baik Kelurga besar Civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, para sponsor, pihak pendamping agrowisata kampung kepiting serta pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu. “Terakhir mari kita bersama-sama merawat mangrove yang kita tanam ini beberapa hari kedepan, dan semoga gerakan kecil menanam mangrove ini dapat membantu menyelamatkan alam kita” tutup Dwi.

penyerahan-doorprize

Acara yang diselingi oleh pembagian doorprize berupa hadiah-hadiah hiburan untuk peserta yang telah hadir pada kegiatan penanaman bibit mangrove kemudian ditutup dengan makan bersama.

(/ted)

Leave a Reply