SEMINAR NASIONAL KETAHANAN PANGAN 2009

Pengembangan Rekayasa Proses, Bioteknologi, Keamanan dan Manajemen untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Pendahuluan

Sesuai dengan arah kebijakan pembangunan dan prioritas pengembangan iptek berdasarkan RPJM Nasional 2004-2009 dan Strategi Pembangunan Nasional (Lakstranas) Iptek 2005 -2009 diarahkan pada 6 fokus bidang, dimana ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas utama. Sementara itu, di tengah arus globalisasi yang begitu deras dan merambah keseluruh aspek kehidupan manusia, kemampuan untuk bersaing secara internasional menjadi kunci utama penentu eksistensi suatu bangsa. Perkembangan zaman yang sarat dengan iptek mencerminkan bahwa penguasaan dan kemampuan untuk mengembangkan iptek merupakan kekuatan utama penopang daya saing suatu bangsa.

Pengembangan iptek untuk meningkatkan ketahanan pangan, kiranya dapat dikaji melalui pemahaman beberapa aspek seperti: aspek rekayasa proses sebagai upaya meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pangan, aspek bioteknologi yang memungkinkan diversifikasi produk pangan, dan aspek keamanan yang diarahkan untuk ketersediaan produk pangan aman, sehat dan hygiene, serta aspek manajemen untuk mewujudkan kebijakan pengelolaan pangan yang efisien dan efektif.

Mengingat urgensi masing-masing aspek di atas dan berkenaan dengan peringatan “Jubillium Perak” Fakultas Teknologi Pertanian Unud, maka perlu kirannya diselenggarakan Seminar Nasional Ketahanan Pangan 2009 dengan tema: Pengembangan Rekayasa Proses, Bioteknologi, Keamanan dan Manajeman untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan. Melalui kegiatan Seminar Nasional ini diharapkan dapat diperoleh berbagai informasi dan kajian aspek-aspek tersebut yang bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Tujuan

  1. Meningkatkan peran teknologi pertanian dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, terutama aspek rekayasa proses, bioteknologi, keamanan dan manajemen pangan.
  2. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian PT, Lembaga Penelitian, LSM ke pengguna (masyarakat, indsutri dan instansi pemerintah) sehingga menjadi sinergi yang mendukung ketahanan pangan.
  3. Wahana diskusi untuk memberikan alternatif solusi pemecahan masalah ketahanan pangan di Indonesia.

Topik

Topik-topik seminar terkait dengan pengembangan iptek dalam aspek-aspek teknologi dan industri pangan, meliputi:

  1. Rekayasa Proses
  2. Bioteknologi
  3. Keamanan
  4. Manajemen

Keynote Speakers

  1. Anand Krishna (Tokoh Nasionalis) dengan makalah “Spiritual dan Ketahanan Pangan”
  2. Setham Hammawath (Thailand)

Tempat dan Waktu
Tempat : hotel Inna Bali
Hari, tanggal : Kamis, 27 Agustus 2009
Waktu : 8.30 – 17.00 WITA

Panitia

Pengarah : Ir. IGN Agung, SU
Ir. N. Semadi Antara, MP., Ph.D
Dr. Ir. Ketut Satriawan, MT
Ir. Agus Selamet Duniaji, MSi
Dr. Ir. N. Kencana Putra, MS
Ir. M. Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D
Ir. IBW. Gunam, MP., Ph.D
Dr. Ir. G.P. Ganda Putra, MP

Leave a Reply