Unofficial Website PSTP Jaman Bahula

pstp_bahula

Sebetulnya agak malu-malu mau jika membicarakan unofficial website PSTP (Program Studi Teknologi Pertanian) jaman jadul dulu. Website yang rasanya dibuat dengan segenap jiwa dan tenaga, dengan tujuan untuk berlatih agar bisa buat web sendiri huehueue. Semangat meledak-ledak hentakkan jemari sampai keriting ketik satu persatu data-data yang berkaitan dengan PSTP kala itu. Walau belum semuanya tampil disana, paling gak bisa membuat PSTP bertaring di dunia maya. Menurut saya sih hihihi.

Website PSTP yang ‘asal bikin’ itu menggunakan nama besar Yahoo Geocities sebagai web server dan domain name utamanya. Posisi nama PSTP hanya mampu menjadi sub domain saja. Saya pribadi masih belum kenal teknologi software pembuat website seperti Macromedia Dreamweaver atau MS Frontpage, sehingga 100% lingkungan pembuatannya langsung online menggunakan website builder milik Geocities. Klo website ini dah lain. Sudah memiliki domain name sendiri, web hosting pribadi dan bisa dikatakan telah menjadi website yang sempurna. Btw, apa saja sih yang dibutuhkan untuk buat website itu ? Baca saja disini soal Pengertian Website.

Karena 100% harus online di internet, maka beruntung bisa kerja di warnet, jadi merasa bebas dengan masalah koneksi internet yang waktu itu terbilang mahal banget. Thank you Bos Iwan dan Bos Bambang, owner Efata Internet Cafe. Bayangkan saja jika harus sewa warnet dikala tahun 2001 ? Bonyok bow, harga sewa perjam kala itu kisaran Rp. 15.000 – 20.000.  Daripada buat sewa internet, lebih baik buat ongkos bis ke bukit dan sisanya buat makan. Waaaa, kaciiaaan deh.

Ketika teman-teman melihat website tersebut, tampilannya masih sangat sederhana. Beberapa menu masih belum lengkap isinya, karena data terisi sambil belajar bikin web. Visitor counter-nya macet, alamat email waktu itu masih ke pstpunud@dps.mega.net.id (entah masih berlaku atau tidak).

Seingat saya, web tersebut hanya populer dikalangan mahasiswa PSTP angkatan 96-98 saja. Beberapa dosen sepertinya tahu keberadaanya. Tapi ya masih belum bisa dikatakan maksimal keberadaannya. Paling tidak, website unofficial PSTP itu mampu menambah nuansa lain di kehidupan kampus waktu itu. Jika ingin melihat-lihat website PSTP jaman bahula, silahkan klik gambar dibawah ini. Kasik komentar dibawah tulisan ini ya. Terima kasih.

pstp_bahula

Leave a Reply